on 1 comment

Dasar Pemrograman Pascal


Pemrograman komputer adalah sebuah aktivitas membuat sebuah program komputer untuk membantu, memudahkan, mempercepat, dan mengotomatisasi manusia dalam aktivitasnya. Pemrograman bertujuan untuk memberikan instruksi kepada komputer agar bekerja sesuai yang kita kehendaki. Komputer
memahami pemrograman sebagai data atau instruksi dalam bentuk biner (rangkaian bit-bit bernilai 0 atau 1). Sementar itu, manusia memahami pemrograman sebagai logika, aritmetika, algoritma, konsep, model, dll. Bahasa pemrograman menjadi jembatan untuk menerjemahkan dari apa yang dikehendaki/ dimengerti manusia menjadi kode-kode instruksi pada mesin komputer yang dimengerti oleh mesin komputer. Contoh bahasa pemrograman: Pascal, Fortran, Basic, C, C++, C#, Java, PHP, Prolog, Assembly, dll.

Tahapan Pemrograman
1.      Mendefinisi permasalahan
2.      Membuat rumusan untuk pemecahan masalah
3.      Implementasi
4.      Melakukan Pengujian
5.      Membuat Dokumentasi

Bahasa Pemrograman Pascal Pascal adalah suatu bahasa pemrograman yang memungkinkan dalam pembuatan program yang terstruktur dengan baik. Pada umumnya program pascal memiliki beberapa bagian yang terdiri dari:

  1. Judul program, berisi nama program.
  2. Deklarasi, berisi pendeklarasian variabel, tipe-tipe variabel, dan label dalam program.
  3. Bagian penyelesaian, berisi tentang input dan output yang akan diproses. 
Instruksi-Instruksi Dasar Pascal
Dalam bahasa pemrograman pascal, terdapat beberapa instruksi dasar yang harus diketahui dalam pembuatan suatu program pascal, antara lain: 

Write
Perintah Write berfungsi untuk mencetak beberapa buah argumen ke layar program secara berurutan, dan setelah selesai maka kursor akan diletakkan disebelah kanan argumen terakhir.

Writeln
Writeln berfungsi hampir sama dengan perintah Write, hanya saja pada perintah Writeln kursor akan diletakkan pada baris berikutnya setelah argumen terakhir dicetak.

Read
Berfungsi untuk membaca input dari keyboard. Berfungsi untuk menanyakan nilai dari satu atau beberapa buah variabel.

Readln
Memiliki fungsi yang hampir sama dengan Read, hanya saja pada perintah Readln setelah program selesai meminta input dari keyboard, kursor pada program akan diletakkan pada baris berikutnya.

Deklarasi
Deklarasi dalam bahasa pemrograman pascal terdiri dari 2 macam deklarasi, antara lain:

Deklarasi Variabel
Bagian ini memberi tahu program tentang variabel-variabel yang akan digunakan dalam program beserta    tipe-tipe dari variabel-variabel tersebut.

Deklarasi Label
Deklarasi ini dipakai untuk memberi tahu bahasa pemrograman pascal bahwa karakter-karakter yang dideklarasikan dalam deklarasi label ini dipakai sebagai label dalam program. Perintah Label biasanya berpasangan dengan perintah GoTo dalam program yang menyebabkan eksekusi program meloncat dari satu perintah ke perintah lain yang letaknya mungkin berjauhan.

Input/Output
Input

Input adalah masukkan yang diberikan kepada program tertentu. Input tersebut dapat berupa variabel atau konstanta yang sudah diinisialisasi sebelumnya pada kode sumber program, atau bisa juga berupa masukkan yang belum diinisialisasi sebelumnya dan masukkan tersebut diberikan pada saat program dijalankan. Pada bahasa pemrograman Pascal, input yang dimasukkan pada saat program dijalankan menggunakan fungsi read/readln. Fungsi read/readln akan menerima masukkan keyboard dan menyimpannya dalam variabel yang ditentukan didalam argumen fungsi read/readln tersebut.

Bentuk umum dari fungsi read/readln adalah
read/readln(variabel); 

Output
Output adalah keluaran yang ada pada program tertentu. Pada bahasa pemrograman Pascal, output menggunakan fungsi write/writeln. Fungsi write/writeln akan mencetak nilai dari suatu variabel ataupun argumen yang bertipe string. Argumen yang bertipe string ditandai dengan tanda petik satu (‘ ‘) yang mengapit awal dan akhir dari argumen tersebut.

Bentuk umum dari fungsi write/writeln adalah
write/writeln(‘argumen string’/variabel);

1 komentar:

  1. Terimakasih atas infonnya sangat bermanfaat :) jangan lupa kunjungi juga web saya :

    http://salmantkj48.blogspot.co.id/2016/11/mengenal-pascal-bahasa-pemograman.html

    BalasHapus